Kamis, 28 Oktober 2010

Contoh Proses Pemilihan Supplier

 

Sebuah perusahaan disaat membuat suatu produk tidak terlepas dari pihak ketiga yang berguna sebagai supplier. Contohnya sebuah perusahaan roti kukus. Sebelum menghasilkan sebuah produk roti kukus maka perusahaan harus memiliki supplier-suplier seperti, supplier telur; supplier terigu; supplier gula; supplier vanili; supplier mentega; dan supplier supplier selai rasa.

Cara Memilih Suplier roti kukus:

  1. Perbandingan Harga. Carilah supplier sebanyak mungkin agar dapat membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-msing supplier.
  2. Perbandingan Kualitas. Carilah kualitas barang dari tiap-tiap supplier dan sesuaikan dengan produk yang akan dibuat.
  3. Perbandingan Jarak. Carilah jarak supplier yang tidak terlalu jauh, dikarenakan semakin jauh jarak supplier maka akan menghasilkan pengeluaran yang tidak sedikit dalam hal transportasi.
  4. Ketepatan waktu pengiriman. Carilah supplier yang dapat memprediksikan ketepatan waktu kirim, dikarenakan agar saat produksi berlangsung maka tidak adanya keterlambatan bahan-bahan olahan.
  5. Struktur Organisasi yang rapih. Carilah supplier yang memiliki pengelolaan management yang tersusun agar saat perjanjian bisnis berlangsung terminimalisirnya keterlambatan atau kesalahan pengiriman.
  6. Lakukan Pemilihan supplier lebih dari satu. Carilah supplier lebih dari satu, untuk dapat meminimaliris apa bila di salah satu supplier terdapat ketidak mampuan untuk memenuhi target pengiriman bahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar